Monday, October 19, 2015

Kebaikan seorang muslim

Inspirasi pagi:

Ada sejumlah orang yang dikaruniai pahala melimpah oleh Allah Ta'ala tanpa dia harus bekerja keras dan berlelah-lelah, di antaranya:

🌷 Siapa yang menangguhkan orang yang kesulitan (membayar utang), maka baginya setiap hari pahala sedekah sebelum utangnya jatuh tempo. Jika utangnya telah jatuh tempo, lalu dia menangguhkannya, maka setiap hari baginya dua kali lipat pahala sedekah ... (HR Ahmad, Hakim) @ Silsilah Ash-Shahihah, No. 86.

🌷 Siapa yang menangguhkan (utang) orang yang kesulitan atau mensedekahkannya (membebaskannya), Allah akan menaungi dia dalam naungan-Nya pada hari Kiamat ... (HR Thabrani) @ Shahih Targhib wat Tarhib.

🌷 Siapa melazimkan istighfar, maka baginya Allah Ta'ala akan (1) menjadikan jalan keluar atas segala kesusahannya, (2) kelapangan atas segala kesempitannya, dan (3) dia akan dikaruniai rezeki dari jalan yang tiada disangka-sangka olehnya" ... (HR Abu Dawud)

🌷 Siapa beramal untuk sesuatu yang memberi manfaat bagi orang banyak, dia akan mendapati pahala yang akan terus mengalir walau dia telah meninggal dunia.

Rasulullah saw. bersabda, "Sungguh, di antara amal kebaikan seorang mukmin yang akan ditemuinya setelah meninggalnya, yaitu:
🍀 ilmu yang disebarkan,
🍀 anak saleh yang ditinggalkan,
🍀 mushaf yang diwariskan (atau ilmu yang dituliskan),
🍀 masjid yang dibangun atau rumah (singgah) untuk ibnu sabil yang didirikan,
🍀 sungai yang dialirkan (untuk kepentingan orang banyak), atau
🍀 sedekah yang dikeluarkan dari hartanya di kala dia sehat atau masih hidup.

Semua itu akan ditemuinya setelah meninggalnya" ... (HR Ibnu Majah, No. 198) 

🌷 Siapa yang mendoakan saudaranya, Allah Ta'ala akan mencatatkan kebaikan sebanyak orang-orang yang didoakannya. Rasulullah saw. bersabda, "Siapa memohonkan ampunan bagi bagi kaum mukminin dan mukminat, Allah Ta'ala pasti mencatatkan baginya setiap seorang dari mukminin dan mukminat satu kebaikan" ... (HR Ath-Thabrani) @ Shahih Al-Jami, No. 1026.

🌷 Seseorang yang memiliki teman saleh yang selalu mendoakannya. Dia terlelap dalam tidurnya dan ketika bangun dosanya sudah diampuni oleh Allah. 

Hal ini terjadi pada dua insan yang saling mencintai karena Allah. Lalu, salah seorang dari mereka melaksanakan Tahajud, kemudian Allah Ta'ala meridhai shalat dan doanya sehingga Dia tidak menolak doanya sedikit pun. 

Di sela munajatnya, dia mengingat saudaranya yang tertidur lalu berdoa, "Ya Rabb, ampunilah saudaraku, Fulan." Allah pun mengampuni saudaranya itu ... (Ka'ab Al-Ahbar) @ Al-Faiq, Az-Zamakhsyari.

www,zazashi-fashion.com
http://busanamuslimzazashi.blogspot.co.id/
http://mukenazazashi.blogspot.co.id/
FP : Butik Zazaahi, Mukena Zazashi

No comments:

Post a Comment